Asal Usul Sebutan Belanda, Inggris, Yunani dan Mesir oleh Orang Indonesia

Asal Usul Sebutan Belanda, Inggris, Yunani dan Mesir oleh Orang Indonesia
Kontenviral.net - Orang Indonesia terkenal dengan segala macam keunikannya tersendiri, contohnya saja dalam penyebutan nama suatu negara. England misalnya, Orang Indonesia menyebutnya Inggris. Lalu Netherlands juga sering kita sebut sebagai Belanda. Jika diperhatikan secara tulisan maupun lisan, sebutan nama tersebut sangat berbeda dari pelafan standar Internasional. Kenapa bisa begitu ya?

Ternyata dibalik penyebutan nama negara-negara itu memiliki latar belakang loh, simak ya berikut ini alasannya seperti yang dilansir dari situs Tribuntravel.com:

1.Netherlands: Belanda
Yang pertama adalah negeri kincir angin Belanda. Negara Netherlands merupakan bangsa penjajah negeri kita terdahulu, ternyata orang-orang kita lebih akrab menyebutnya dengan Belanda. Usut punya usut, penyebutan nama Belanda ini berawal dari penyerapan kata Blonde (Pirang) seperti yang kita tahu orang-orang Belanda rata-rata berambut pirang. Makanya, nenek moyang kita dulu menyebutnya sebagai Belanda. Versi lain menyebutnya adalah karena di Belanda sana ada wilayah bernama Holland, bisa jadi karena hal-hal tersebut orang Indonesia menyebut Netherlands sebagai Belanda.

2. England: Inggris
Kenapa Negeri Ratu Elizabeth itu kita menyebutnya sebagai Inggris? Ini ada kaitannya dengan Jepang, saat Jepang masih menjajah Bumi Pertiwi, Jepang memperkenalkan istilah English lalu dengan ejaan khas Jepang menjadi "Ing-gu-ris". Kemudian disesuaikan lagi dengan lidah Orang Indonesia menjadi Inggris seperti sekarang ini.

3. Egypt: Mesir
Negara yang terkenal dengan Piramidanya ini ternyata orang Indonesia lebih mengenalnya sebagai Mesir. Ternyata faktanya, Tanah Egypt terkenal dengan sebutan Mashr. Nama Mashr sendiri mengacu dari tulisan Arab yang menjelaskan kalau orang pertama yang menghuni Negara Mesir ini adalah seseorang bernama Mashryem bin Markabil bin Duwabil bin Uryab bin Adam AS. Sumber lain mengatakan orang ini bernama Mashr bin Binshir bin Ham bin Nuh AS. Entah mana yang benar, namun orang-orang sana sepakat kalau Mashr merupakan orang yang pertama kali menempati Negara Egypt atau Mesir.

4. Greece: Yunani
Menagapa Orang Indonesia menyebutnya Yunani? Ternyata nama Yunani berawal dari sebutan orang-orang Turki kepada bangsa yang menghuni kawasan Iona, negara yang berdekatan dengan Turki. Mereka (Orang-orang Turki) menyebutnya dengan Yunan. Itulah mengapa orang-orang Indonesia menyebut Greece sebagai Yunani.

Semua sebutan tersebut memiliki sejarah dan asal usulnya ya
Bagaimana menurutmu? Silakan berikan komentarnya.

Sumber Referensi:
http://travel.tribunnews.com/2017/07/15/inilah-alasan-kenapa-orang-indonesia-sebut-greece-jadi-yunani-egypt-mesir-hingga-england-inggris

Disqus Comments