Ini Dia Penjelasan BMKG tentang Apa Itu Fenomena Equinox

- Maret 15, 2017
Ini Dia Penjelasan BMKG tentang Apa Itu Fenomena Equinox
BMKG (c) Kanal Aceh
Kontenviral.net - Sebuah Pesan menyebar cepat di jejaring sosial WhatsApp mengenai akan terjadinya fenomena Equinox dalam waktu dekat. Dalam pesan di WA itu tertulis fenomena Equinox ini akan berdampak pada 3 negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Malaysia dan Singapura dalam waktu lima hari kedepan. Ditambah masyarakat dihimbau untuk tidak keluar pada pukul 12.00-15.00 karena ada peningkatan suhu sampai 40 derajat celcius.

Untuk mengkonfirmasi hal tersebut, Kepala Bidang Informasi BMKG, Hary Tirto Djatmiko menjelaskan kalau fenomena Equinox ini merupakan salah satu fenomena astronomi, yaitu Matahari akan melintasi garis Khatulistiwa. Fenomena ini terjadi 2x dalam setahun, yakni setiap tanggal 21 Maret dan 23 September.

Saat Equinox sedang berlangsung bagian di luar bumi menjadi relatif sama termasuk negara yang beriklim subtropis, baik di bagian utara maupun selatan.
“Keberadaan fenomena tersebut tidak selalu mengakibatkan peningkatan suhu udara secara drastis, di mana kita ketahui rata-rata suhu maksimal di wilayah Indonesia bisa mencapai 32-36 derajat celcius,” kata Hary melalui pesan WhatsApp, Rabu, 15 Maret 2017.
Kesimpulannya menurut BMKG Equinox bukanlah sebuah fenomena seperti halnya heatwave (peningkatan suhu udara secara drastis) yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah. BMKG juga menghimbau masyarakat tidak perlu mengkhawatirkan dampak dari Equinox seperti isu-isu yang beredar di media manapun.