Begini Cara Mudah Untuk Mengecek E-KTP Asli Atau Palsu

Kontenviral.net - Baru-baru ini santer kabar berita tentang E-KTP palsu maupun E-KTP ganda yang terbongkar oleh petugas Bea cukai saat melakukan pengecekan kiriman yang datang dari Kamboja melalui Fedex. Dimana banyak sekali ditemukan E-KTP palsu dan NPWP palsu.

Nah untuk mengetahui bahwa E-KTP palsu atau tidak seorang putra bangsa bernama Bondan Sumbodo berinisiatif membuat sebuah aplikasi khusus Android dimana aplikasi tersebut bisa mendeteksi apakah E-KTP asli atau palsu. Dan nama aplikasi tersebut ialah POC e-KTP Reader yang dimana berfungsi untuk mengecek apakah e-KTP yang akan diperiksa adalah asli atau palsu.

Sampai saat ini aplikasi tersebut sudah didownload lebih dari 50 ribu pengguna android diseluruh Indonesia, dan kebanyakan merasakan terbantu dengan adanya aplikasi ini apalagi bagi para panitia pilkada mendatang untuk mengecek keaslian e-KTP.


Dan berikut cara penggunaannya yang dijelaskan oleh akun Facebook bernama Ivo Setyadi.

via Ivo Setyadi

1. Instal terlebih dahulu aplikasi POC e-KTP Reader di Playstore.

2. Nyalakan NFC pada android anda, jika tak tau NFC itu apa silahkan search google. Beberapa Hp ada yang suport akan NFC dan tidak.

3. Tempelkan e-KTP yang ingin di cek dibelakang Hp (lihat pict diatas)

4. Jika foto yang muncul adalah foto yang sama pada e-KTP yang ditempelkan tadi, berarti e-KTP tersebut ASLI.

Kekurangan pada aplikasi ini ialah tidak bisa menampilkan data-data lainnya kecuali hanya foto saja, namun mungkin tak berpengaruh besar karna kita hanya perlu mengetahui apakah e-KTP tersebut palsu atau tidak. Jadi tunggu apalagi? buruan download aplikasi nya.

Disqus Comments