Siapa Penemu Rengginang?

- Januari 26, 2017
Siapa Penemu Rengginang?
Kontenviral.net - Siapa yang gak tahu sama Rengginang? Makanan khas Indonesia ini memang sangat digemari oleh semua kalangan,  Rengginang merupakan sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari lalu digoreng dengan minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Agak berbeda dari jenis kerupuk lainnya yang terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran nasi atau ketannya masih tampak. Seringkali rengginang dibuat dari nasi sisa yang tak termakan, lalu dijemur dan dikeringkan untuk kemudian digoreng dan dijadikan rengginang.

Di Jawa Tengah juga dikenal penganan yang sama yang disebut intip, yakni kerak nasi sisa menanak yang melekat pada dandang yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Perbedaan antara intip dan rengginang hanyakah ukurannya. Intip berukuran lebih besar daripada rengginang karena dicetak dari dandang atau periuk penanak nasi.

Rengginang dapat digoreng tanpa diberi bumbu maupun rasa, asin atau manis. Ada jenis rengginang yang diberi rasa dengan udang, terasi, atau kerang lorjuk (kerang bambu). Namun yang menjadi pertanyaan adalah Siapa penemu rengginang? Menurut penulusaran Kontenviral.net yang sudah membaca dari berbagai sumber referensi seperti Wikipedia dan situs-situs lainnya, Rengginang ini terlahir di Pulau Jawa, jadi kemungkinan penemu rengginang adalah asli orang Jawa, namun sampai sekarang belum diketahui siapa nama orangnya.  Jadi hingga saat ini masih menjadi misteri siapa si penemu rengginang.

Mungkin Kamu tahu? Siapa penemu rengginang, silakan berikan komentarnya dibawah ini.