Klarifikasi @Puspen_TNI Soal Berita dan Foto Latihan ala Militer Anggota FPI dan TNI di Banten

- Monday, January 09, 2017
Klarifikasi @Puspen_TNI Soal Berita dan Foto Latihan ala Militer Anggota FPI dan TNI di Banten
Kontenviral.net - Belakangan beredar berita dan foto adanya pelatihan ala militer kepada FPI oleh TNI di Banten. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Front Pembela Islam Banten menggelar Pelatihan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) di Kabupaten Lebak, Banten, Kamis (5/1) kemarin.

Latihan tersebut dipimpin langsung oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai mentor. Beberapa foto latihan tersebut langsung diunggah akun resmi DPP FPI di Intagram, dpp_fpi.
@DPP_FPI
TNI dan FPI menggelar PPBN (Pelatihan Pendahuluan Bela Negara) serta tanam 10.000 pohon di Lebak Banten. pic.twitter.com/YDvCMk5J5U
Banyak netizen yang protes mengapa TNI malah melatih FPI
@MuhammadSujarw4
@MartoArt @o_pripot @jpnncom Meliat ini paling tidak sekarang saya Tahu. Ternyata PEMERINTAH BERSAMA FPI!!. Pantes BRIZIEQ KEBAL HUKUM!!.

@ihsan_AF
FPI dan TNI Latihan ala Militer di Banten - Page 2 - M.JPNN.COM <~ This, is not a joke! m.jpnn.com/news/fpi-dan-t…

@natalsetio
Harus diselidiki dlm hal ini Dandim danDanrem.Mengapa Kodam III Siliwangi sampai tdk ada info mengenai latihan ini? @haloJakarta @fariz1234 pic.twitter.com/4J74yil6BE
Dan ini klarifikasi dari Pusat Penerangan TNI (Puspen TNI)
@Puspen_TNI
News flash..TNI latih FPI semata2 untk menanamkan latihan kedisiplinan (outbound) bukan latihan militer..cekidot...!!m.tempo.co/read/news/2017…
Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi Kolonel Desi Ariyanto mengatakan pihaknya pada 5 hingga 6 Januari 2017 menggelar pelatihan bela negara di salah satu pesantren di Lebak, Banten. Menurut Desi, total peserta dalam pelatihan tersebut berjumlah sekitar 120 orang santri. Kebetulan pesertanya ada yang dari FPI.

Menurut Desi, pihaknya memang secara rutin menggelar pelatihan bela negara. Namun pelatihan itu tidak secara khusus diberikan kepada kelompok tertentu. Namun bagi semua kalangan masyarakat. Tidak menutup kemungkinan kepada para santri di pondok pesantren.

Desi menuturkan bahwa kegiatan pelatihan bela negara di Lebak, Banten tersebut dilakukan di dalam ruangan dan luar ruangan. Ada beberapa jenis kegiatan pelatihan yang dilakukan. Mulai dari pelatihan baris berbaris untuk menanamkan disiplin, ceramah bidang hukum, pemahaman wawasan kebangsaan, pemahaman UUD 1945, dan kegiatan outbond.

Desi membenarkan bahwa foto yang diunggah DPP_FPI tersebut adalah kegiatan selama pelatihan bela negara di Lebak. Namun ia membantah kegiatan itu bersifat militer. Itu pelatihan outbond (bagian dari pelatihan bela negara).