Tidak Banyak Orang Tahu! Inilah 5 Fakta Unik tentang Angpao

- Januari 23, 2017
Tidak Banyak Orang Tahu! Inilah 5 Fakta Unik tentang Angpao
Kontenviral.net - Perayaan tahun baru China segera tiba, kebahagian masyarakat Tionghoa dalam menyambut tahun baru Imlek pun mulai berasa. Salah satu hal yang identik dengan perayaan Imlek adalah hong bao atau angpao. Pemberian angpao ini sudah menjadi tradisi turun temurun warga Tionghoa.

Sebelum tahun baru Imlek tiba, ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta unik tentang angpao berikut ini:

1. Angpao punya makna mendalam.
Makna pemberian angpao saat perayaan tahun baru China adalah sebuah bentuk keberuntungan bagi umat manusia. Bukan hanya keberuntungan bagi yang menerima angpao, tapi juga menjadi keberuntungan bagi sang penerima angpao. Angpao menjadi bentuk kepedulian terhadap sesama manusia.

2. Pemberian angpao tidak boleh sembarangan.
 
Meskipun angpao adalah tradisi Tionghoa, kamu yang bukan keturunan Tionghoa sebenarnya juga boleh memberikan angpao kepada orang lain. Akan tetapi dalam pemberiannya, angpao memiliki aturan tersendiri.
  1. Pertama, angpao selalu diberikan dari orang tua kepada orang yang lebih muda dan tidak pernah sebaliknya. Pekerja atau staf biasanya mendapatkan angpao dari bos atau majikan.
  2. Kedua, Bagi yang sudah menikah memberikan angpao kepada yang belum menikah.
  3. Sedangkan yang Ketiga, jika seseorang telah berusia 40 tahun dan belum menikah, maka orang tersebut tetap diwajibkan memberikan angpao karena dianggap telah dewasa.
3. Ada tata cara untuk pemberian angpao.
Tahun baru China biasanya dirayakan selama 2 minggu, sehingga waktu terbaik untuk memberikan angpao adalah di antara hari yang telah ditetapkan tersebut. Selain itu, di dalam angpao ada baiknya diberikan tanda tangan pesan kesan, sehingga si pemberi dan yang diberikan akan semakin akrab. Pemberian angpao jangan sampai dititipkan dan sebaiknya diberikan langsung.

Hindari untuk memberikan angpao dengan jumlah 4 karena hal itu berarti kematian dalam bahasa Mandarin dan usahakan jumlah uangnya berakhir dalam angka 8 yang berarti meningkatkan keberuntungan.

4. Jumlahnya tidak boleh sembarangan.
Kalau kamu ingin memberikan angpao kepada seseorang, maka ada baiknya kamu perhatikan dulu beberapa hal tentang jumlah uang dalam angpao. Untuk anak-anak biasanya jumlah angpao berkisar USD 2 atau sekitar Rp 17.000. Untuk teman dekat jumlahnya berkisar USD 10-USD 20 atau sekitar Rp 250.000. Sedangkan untuk pegawai ataupun asisten rumah tangga sebaiknya diberikan dengan jumlah satu bulan gajinya.

5. Angpao selalu berwarna merah demi keberuntungan.
Warna merah sarat akan keberuntungan bagi masyarakat Tionghoa. Merah berarti keberuntungan, itulah mengapa selama ini angpao selalu berwarna merah. Selain warnanya, motif pada angpao pun biasanya tidak sembarangan dan disesuaikan dengan shio tahun tersebut, misalnya saja tahun ini adalah tahun baru ayam maka motif di angpaonya menggunakan gambar ayam.
Bagaimana menurutmu? Silakan berikan komentarnya.